menuliskan apa yang aku lihat, dengar, rasakan dan pikirkan...

Sabtu, 26 Agustus 2017

"Thank you, Mrs. Enid Blyton!"

Rasanya hanya kata itu yang ada di kepala saya saat melihat tumpukan koleksi buku-buku lama di almari. Mungkin buku lama karya Enyd Blyton itu boleh lapuk dan berdebu, namun kenangan dan perasaan serta imajinasi yang hadir kala saya membacanya dulu itu masih segar dan melekat erat dalam benak dan ingatan. Perasaan (sok) tahu kalau ada banyak banget petualangan siap menanti di depan mata *halah..*



Bagaimana tidak, diakui atau tidak karya-karyanya telah mewarnai jejak langkah masa kecil saya. Dia sudah membuat masa kecil sya begitu penuh warna dan imaginasi. Seandainya dia masih hidup, tentu dia ada dalam daftar orang yang ingin saya temui secara langsung.
Saat anak zaman sekarang disibukkan dengan gadget, anak-anak generasi sebelumnya disibukkan dengan beragam petualangan dan imajinasi.


Enid Blyton mungkin adalah nama penulis pertama yang saya idolakan. Siapa yang tidak kenal Lima Sekawan? Sapta Siaga? Pasukan Mau Tahu? Seri Petualangan? Si Cewek Badung? Malory Tower dan St.Clare? Siapa pula yang tidak suka baca kumpulan dongeng dengan signature khas nama Enid Blyton di cover buku?

Terima kasih Enyd Blyton, karena sudah membuat saya percaya bahwa anak-anak pun bisa melakukan hal-hal yang keren! Bahwa dengan mengumpulkan keberanian, dunia akan diwarnai petualangan yang mengasyikkan.

Saya dan banyak anak pada era 80 - 90’an umumnya mengenal buku-buku Enid Blyton. Dan rata-rata kami, menurut saya dan cukup yakin soal ini, pasti pernah berfantasi memiliki petualang seperti dalam buku-buku Blyton.

Walaupun pada masa tertentu buku karya Blyton mendapat banyak protes dari para pemerhati HAM dan sejenisnya, karena unsur rasial dan hal-hal seperti perlindungan binatang. Saya tetap menganggap buku-buku ini jauh lebih baik dari pada tayangan televisi Indonesia saat ini.

Tidak bisa dipungkiri memang, dia adalah seorang pengarang yang hebat. Terlepas beberapa kekurangannya, cerita-cerita yang Enid Blyton tulis memang luar biasa. Menyenangkan, seru, penuh imajinasi dan penuh pesan moral. Cerita Enid Blyton memang layak dibaca oleh kita dulu dan oleh anak-anak kita kini..

3 komentar:

  1. Sangat berguna trimakasih semoga bermanfaat bagi semuanya, Artikel Ini sangat bagus, sangat berkualitas, sangat bermanfaat sekali dan terpercaya terimakasih gan

    BalasHapus
  2. wuiiih..lama ndak kesini baju baru rupanya...hihihihi

    BalasHapus
  3. Lima sekawan, dulu baca seri2nya dengan pinjem di perpustaan daerah :)

    BalasHapus

Terima kasih untuk silaturahim dalam tuturnya...